Perbedaan sunscreen dan sunblock, jangan sampai salah pilih

Saat ini, kesehatan kulit menjadi perhatian utama bagi banyak orang. Salah satu cara untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari adalah dengan menggunakan produk tabir surya. Namun, seringkali orang menjadi bingung antara sunscreen dan sunblock. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Perbedaan utama antara sunscreen dan sunblock terletak pada cara kerjanya dalam melindungi kulit dari sinar UV. Sunscreen bekerja dengan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, sedangkan sunblock bekerja dengan menghalau sinar UV agar tidak masuk ke dalam kulit. Sunscreen biasanya mengandung bahan kimia seperti avobenzone, octisalate, dan oxybenzone, sedangkan sunblock mengandung bahan fisik seperti zinc oxide dan titanium dioxide.

Selain itu, perbedaan lainnya adalah tingkat perlindungan yang diberikan oleh keduanya. Sunscreen biasanya memiliki tingkat SPF (Sun Protection Factor) yang lebih rendah dibanding sunblock. SPF adalah ukuran seberapa lama kulit dapat terlindungi dari sinar UVB sebelum terbakar. Sunblock biasanya memiliki tingkat SPF yang lebih tinggi daripada sunscreen.

Jadi, penting untuk memahami perbedaan antara sunscreen dan sunblock agar kita tidak salah memilih produk tabir surya. Jika kulit Anda sensitif atau rentan terbakar, sebaiknya pilih sunblock dengan SPF tinggi. Namun, jika Anda tidak memiliki masalah kulit tertentu, sunscreen juga bisa menjadi pilihan yang baik.

Selain itu, penting juga untuk selalu mengaplikasikan tabir surya secara rutin, terutama saat Anda beraktivitas di luar ruangan atau berjemur di bawah sinar matahari. Jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya setidaknya 30 menit sebelum terkena sinar matahari dan mengulanginya setiap dua jam sekali.

Dengan memahami perbedaan antara sunscreen dan sunblock, kita dapat memilih produk tabir surya yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Jangan lupa untuk selalu melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV agar tetap sehat dan terhindar dari masalah kulit yang serius. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.