Mengenal Kokedama, seni tanaman hias Jepang di Kebun Raya Cibodas

Mengenal Kokedama, seni tanaman hias Jepang di Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, kebun raya ini juga merupakan tempat yang menarik bagi para pecinta tanaman hias. Salah satu hal menarik yang bisa ditemui di kebun raya ini adalah seni tanaman hias Jepang yang dikenal dengan sebutan Kokedama.

Kokedama merupakan seni menanam tanaman dalam sebuah bola tanah liat yang dibuat dari campuran tanah, serat, dan lumut. Tanaman yang biasa digunakan untuk Kokedama adalah tanaman hias kecil seperti paku-pakuan, tanaman merambat, atau tanaman berbunga kecil. Proses pembuatan Kokedama sendiri cukup rumit dan membutuhkan keahlian khusus.

Di Kebun Raya Cibodas, pengunjung dapat melihat berbagai macam Kokedama yang dipajang di area taman. Beberapa tanaman hias yang sering digunakan untuk Kokedama di kebun raya ini antara lain adalah tanaman ferns, succulents, dan orchids. Para pengunjung juga dapat membeli Kokedama yang sudah jadi sebagai souvenir atau untuk menghias rumah mereka.

Selain sebagai hiasan, Kokedama juga memiliki manfaat untuk kesehatan tanaman. Tanaman yang ditanam dalam Kokedama cenderung lebih tahan terhadap hama dan penyakit karena media tanah yang digunakan sudah steril. Selain itu, perawatan tanaman dalam Kokedama juga lebih mudah karena tanaman hanya perlu disiram secara berkala.

Bagi para pecinta tanaman hias, Kokedama bisa menjadi alternatif menarik untuk menambah koleksi tanaman di rumah. Dengan desain yang unik dan menarik, Kokedama dapat menjadi pilihan yang cocok untuk menghias ruangan atau taman di rumah. Jadi, jika Anda berkunjung ke Kebun Raya Cibodas, jangan lewatkan untuk melihat dan mempelajari lebih lanjut tentang seni tanaman hias Jepang yang unik ini.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.