IDAI bagikan 7 kiat orang tua cegah kekerasan seksual pada anak

IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) baru-baru ini membagikan 7 kiat bagi orang tua untuk mencegah kekerasan seksual pada anak. Kekerasan seksual pada anak merupakan masalah yang serius dan harus diatasi dengan tindakan preventif yang tepat.

Pertama, penting bagi orang tua untuk memberikan pendidikan seksual kepada anak sejak dini. Dengan memberikan pengetahuan yang benar tentang tubuh dan seksualitas kepada anak, mereka akan lebih mudah memahami batasan-batasan yang harus dijaga dalam hubungan dengan orang lain.

Kedua, orang tua harus selalu mendengarkan dan percaya pada cerita anak tentang segala hal, termasuk jika anak mengungkapkan bahwa mereka telah mengalami kekerasan seksual. Memberikan dukungan dan percaya pada anak akan membantu mereka merasa aman dan terlindungi.

Ketiga, orang tua perlu mengajarkan anak untuk mengenali tanda-tanda kekerasan seksual dan memberikan pengetahuan tentang bagaimana cara melindungi diri dari ancaman tersebut. Mengajarkan anak untuk selalu mengatakan tidak jika ada orang yang mencoba melakukan hal-hal yang tidak pantas kepada mereka.

Keempat, orang tua harus membimbing anak dalam memilih pergaulan yang baik dan aman. Mengajarkan anak untuk tidak sembarangan mempercayai orang yang belum mereka kenal dengan baik dan menghindari situasi yang berpotensi membahayakan.

Kelima, orang tua harus selalu memantau aktivitas anak, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Mengawasi pergaulan anak di media sosial dan internet dapat membantu mencegah mereka dari ancaman kekerasan seksual yang mungkin terjadi.

Keenam, orang tua harus menjadi contoh yang baik bagi anak dalam hal menghormati dan menjaga batasan pribadi orang lain. Memberikan contoh perilaku yang baik akan membantu anak memahami pentingnya menghormati hak dan kebebasan orang lain.

Terakhir, orang tua harus selalu membuka komunikasi dengan anak dan memberikan ruang bagi mereka untuk berbicara tentang segala hal. Dengan terbuka dan menghargai pendapat anak, orang tua dapat membangun hubungan yang kuat dan saling percaya dengan anak.

Dengan menerapkan 7 kiat tersebut, diharapkan orang tua dapat memberikan perlindungan yang optimal bagi anak dari ancaman kekerasan seksual. Kesejahteraan dan keselamatan anak harus menjadi prioritas utama bagi setiap orang tua, dan upaya pencegahan merupakan langkah awal yang penting dalam melindungi anak dari bahaya tersebut.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.