Dokter: Cegah penyakit jantung koroner sejak usia 35-40 tahun ke atas

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang sering kali menyerang masyarakat Indonesia. Menurut data dari Kementerian Kesehatan, penyakit jantung koroner menjadi penyebab utama kematian di Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk mulai mencegah penyakit ini sejak usia 35-40 tahun ke atas.

Dokter merekomendasikan beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner. Pertama-tama, sangat penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi, serta konsumsi makanan yang kaya serat, buah-buahan, dan sayuran.

Selain itu, penting juga untuk melakukan aktivitas fisik secara teratur. Berolahraga membantu menjaga berat badan ideal, mengontrol tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan jantung. Dokter merekomendasikan untuk melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang.

Selain menjaga pola makan dan berolahraga, dokter juga menyarankan untuk menghindari kebiasaan merokok dan mengurangi konsumsi alkohol. Merokok dan minum alkohol dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner, sehingga sangat penting untuk menjauhkan diri dari kedua kebiasaan tersebut.

Terakhir, dokter juga menyarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, dokter dapat mendeteksi dini adanya faktor risiko penyakit jantung koroner dan memberikan penanganan yang tepat.

Dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan tersebut sejak usia 35-40 tahun ke atas, diharapkan dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner dan menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Jaga kesehatan jantung, jaga kualitas hidup Anda!

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.