Apa bedanya baking soda dan baking powder? Berikut penjelasannya

Baking soda dan baking powder sering digunakan dalam proses memasak dan baking untuk memberikan hasil yang lebih baik. Meskipun keduanya memiliki nama yang mirip, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Baking soda, atau yang juga dikenal dengan natrium bikarbonat, adalah senyawa kimia yang bersifat basa. Ketika baking soda tercampur dengan bahan-bahan asam seperti yogurt, lemon juice, atau cuka, maka akan terjadi reaksi kimia yang menghasilkan gas karbon dioksida. Gas ini akan membuat adonan mengembang dan menghasilkan tekstur yang lebih ringan dan empuk.

Sementara itu, baking powder adalah campuran antara baking soda, asam tartar, dan bahan pengisi lainnya. Jadi, baking powder sudah mengandung asam yang diperlukan untuk mengaktifkan baking soda. Baking powder biasanya digunakan dalam resep-resep yang tidak mengandung bahan-bahan asam, seperti kue kering atau roti.

Perbedaan utama antara baking soda dan baking powder adalah dalam penggunaannya. Baking soda lebih cocok digunakan dalam adonan yang mengandung bahan-bahan asam, sementara baking powder lebih cocok digunakan dalam resep-resep yang tidak mengandung bahan-bahan asam. Selain itu, baking soda memiliki rasa yang sedikit pahit jika digunakan dalam jumlah yang terlalu banyak, sementara baking powder memiliki rasa yang netral.

Jadi, meskipun keduanya sering digunakan sebagai bahan pengembang dalam baking, namun baking soda dan baking powder memiliki perbedaan yang cukup penting dalam penggunaannya. Jadi, pastikan untuk menggunakan bahan yang tepat sesuai dengan resep yang Anda gunakan agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.