Ahli gizi anjurkan pemberian makanan sumber protein hewani pada anak

Ahli gizi merupakan ahli yang memahami kebutuhan gizi tubuh manusia dan memberikan saran yang tepat mengenai pola makan yang sehat. Salah satu saran yang sering diberikan oleh ahli gizi adalah pemberian makanan sumber protein hewani pada anak.

Protein merupakan salah satu zat gizi yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Protein hewani merupakan sumber protein yang berasal dari hewan, seperti daging, telur, ikan, dan susu. Makanan sumber protein hewani mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun jaringan otot, tulang, dan organ tubuh lainnya.

Ahli gizi menyarankan agar anak-anak mendapatkan asupan protein hewani yang cukup setiap harinya. Kekurangan protein hewani dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti masalah pertumbuhan, kelemahan otot, dan gangguan imunitas.

Selain itu, protein hewani juga mengandung zat besi, zinc, dan vitamin B12 yang penting untuk kesehatan anak. Zinc dan besi berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak, sementara vitamin B12 dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan menjaga kesehatan saraf.

Namun, meskipun penting, pemberian protein hewani pada anak juga perlu diimbangi dengan konsumsi makanan sumber protein nabati, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau. Kombinasi antara protein hewani dan nabati akan memberikan asupan protein yang seimbang bagi tubuh anak.

Untuk itu, orangtua perlu memperhatikan pola makan anak dan memastikan bahwa anak mendapatkan asupan protein hewani yang cukup setiap harinya. Dengan memberikan makanan sumber protein hewani pada anak, kita dapat membantu menjaga kesehatan dan pertumbuhan mereka dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi informasi yang berguna bagi para orangtua dalam memberikan pola makan yang sehat bagi anak-anaknya.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.