7 Manfaat baking soda yang tidak banyak diketahui orang

Baking soda, atau yang juga dikenal sebagai soda kue, adalah bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kue dan makanan lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa baking soda memiliki berbagai manfaat lain yang tidak banyak diketahui orang?

1. Membersihkan gigi
Baking soda dapat digunakan sebagai pengganti pasta gigi karena memiliki kemampuan membersihkan gigi secara efektif. Campurkan baking soda dengan sedikit air dan gunakan sebagai pasta gigi alami untuk membersihkan gigi dan menghilangkan noda.

2. Menghilangkan bau tidak sedap
Baking soda memiliki kemampuan menyerap bau tidak sedap, sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada benda-benda di rumah seperti sepatu, lemari, atau bahkan di dalam kulkas.

3. Menyegarkan napas
Campurkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air dan gunakan sebagai obat kumur untuk menyegarkan napas. Baking soda juga dapat membantu mengurangi kadar asam dalam mulut yang dapat menyebabkan bau napas tidak sedap.

4. Mengatasi gatal-gatal
Baking soda dapat digunakan untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit akibat alergi atau sengatan serangga. Campurkan baking soda dengan sedikit air dan oleskan pada bagian yang gatal untuk meredakan rasa gatal.

5. Menghilangkan jerawat
Baking soda memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Campurkan baking soda dengan sedikit air dan oleskan pada jerawat sebagai masker untuk membantu mengeringkan jerawat.

6. Mengatasi bakteri pada kaki
Baking soda dapat digunakan untuk membunuh bakteri pada kaki dan menghilangkan bau tidak sedap. Rendam kaki dalam air hangat yang telah ditambahkan baking soda selama beberapa menit untuk mengatasi masalah bakteri dan bau pada kaki.

7. Membersihkan perabot rumah tangga
Baking soda dapat digunakan sebagai pembersih alami untuk membersihkan perabot rumah tangga seperti kompor, sink, atau kamar mandi. Campurkan baking soda dengan sedikit air dan gunakan sebagai pasta pembersih untuk membersihkan permukaan perabot rumah tangga.

Dengan berbagai manfaat yang dimilikinya, baking soda merupakan bahan yang sangat multifungsi dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan di rumah. Jadi, jangan ragu untuk mencoba memanfaatkan baking soda untuk mendapatkan manfaat yang tidak banyak diketahui orang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.